Musik Itu Haram?

Sujoso Karsono a.k.a Mas Jos, seorang bapak yang inspiratif besar di tahun-tahun musik Indonesia sedang jatuh bangun, sekitar tahun 50-60an.

Kiprahnya banyak sekali, di antaranya membangun Irama records, membuat radio Elshinta, mengembangkan jazz, progresif hingga Hawaiian Music di Indonesia. Ia membuat harum nama Indonesia karena membawa Indonesian All Star Jazz (Benny Mustafa, Jack Lesmana, Bubi Chen, Marjono, Jopie Chen manggung dan rekaman di Jerman di bawah label Saba.

Tidak hanya itu, ia pun mencari bibit-bibit muda dan mengorbitkan mereka, salah satu yang mungkin kita luput cerita adalah Koes Bersaudara.

Ini tentang Sujoso Karsono, dan masih banyak lagi cerita menggugah dari musisi-musisi Indonesia lama yang tidak terhitung jumlahnya. Belum pun terhitung musisi masa kini yang ikut berperan besar dalam perubahanan, menjadi tameng garda terdepan untuk Indonesia. SLANK dan Iwan Fals dua di antaranya.

Pada teman-teman musisi maupun pecinta musik, tetaplah dengarkan nurani untuk bergerak untuk musik, jangan ragu untuk menjadi diri sendiri. Walau ada oknum berkedok Islam bilang musik itu haram. Islam sendiri adalah berserah diri (total surrender), bila misi dalam hidupmu kau temukan di musik. Kamu berdiri secara Islam untuk musik dan kemaslahatan banyak orang.

Pilihlah musik atas dasar panggilan, sampaikan kebaikan-Nya melalui nada. Musik itu jiwa yang lahir atas keinginan-Nya melalui akal budi manusia. Jangan lupa juga bila Wali Sanga mengantarkan agama Islam dengan penuh cinta salah satunya dengan musik. Miles Davis bersama albumnya Kind of Blue bisa jadi contoh musik yang sangat dekat dengan spiritual.

Sejarah yang akan mengingat kiprahmu. Jangan takut untuk berjalan lurus, Allah Maha Penyayang. Dalam musik banyak cercah rasa sayang, inspirasi dan harapan. Bilapun kamu hilang kepercayaan pada politik, pulanglah pada musik.

Tulisan spontan menanggapi ini;

Tentang Musik Itu Haram

https://t.co/C9xUhY0rNQ?ssr=true

Salam musik,

Pecinta musik yang sedang melakukan upaya terapi musik untuk manula dengan penuh kasih dan sayang..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s